PERILAKU SEDERHANA SEBAGAI IMPLEMENTASI DARI NILAI-NILAI PANCASILA

SMA N 1 PURBALINGGA-SEBAGAI generasi penerus bangsa Indonesia kita harus selalu bersiap atas tantangan dan hambatan yang mungkin mengancam integrasi bangsa indonesia. Mengikuti arus revolusi industri 4.o serta globalisasi yang semakin moderen.Namun, kita harus tetap mempertahankan jati diri bangsa Indonesia dengan terus menjaga dan mengimplemenasikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila. Sekarang ini banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila. Seperti yang dilakukan oleh siswa siswi ganesha yang mengikuti Lomba Video Kebangsaan di Universitas Negeri Semarang(UNNES). Mereka adalah Balqis Putri El-azzah(XI MIPA 4), Faqih Rangga Wijaya(XI MIPA 5), serta Aisyah Rahma(XI MIPA 5).

Berawal dari Balqis yang diberi tawaran lomba oleh Ibu Rochmatiningsih, dia mengajak kedua rekannya tersebut untuk ikut serta bergabung dalam lomba. Tujuan awal mereka mengikuti lomba adalah untuk memenuhi syarat lomba utama yaitu Lomba Cerdas Cermat. Karena, video kebangsaan tersebut akan diambil 36 besar yang nantinya akan diberangkatkan ke Semarang. Dalam proses pembuatan videonya mereka juga melibatkan siswa lain untuk berperan serta membantu dalam hal kameramen serta editing, dan waktu yang mereka habiskan untuk pembuatan video kurang lebih 1 minggu. Mereka mengaku sangat senang karena ini pengalaman pertama kali mereka membuat video sehingga menjadi tantangan sendiri. Selain itu, mereka juga agak kewalahan karena waktu yang terlalu minim untuk mempersiapkan lomba. Namun, dari hal-hal tersebut mereka tetap semangat dalam membuat video.

Dari video yang ingin mereka buat, mereka berusaha menonjolkan bahwasanya implentasi nilai-nilai Pancasila, banyak sekali dan sangat mudah untuk dilakukan khususnya di lingkungan sekolah karena tanpa kita sadari hal-hal kecil yang kita lakukan di lingkungan kita  suatu bentuk dari penerapan nilai-nilai Pancasila sehingga diharapkan orang akan paham dan nilai-nilai Pancasila akan terus istiqomah dilakukan. Pada tanggal 7 April video yang telah selesai langsung dikirim ke pihak penyelenggara lomba. Pada tanggal 16 April mereka dinyatakan lolos dan dilanjutkan tanggal 24 April sebagai babak penyisihan serta pengumuman pemenang video. Dari kemenangan lomba video tersebut mereka mendapatkan trophy, sertifikat, serta uang pembinaan. Meskipun lomba video kebangsaan bukan lomba utama, namun mereka sangat senang terhadap pencapaian yang telah mereka peroleh.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *